Minggu, 15 Juni 2008

SYETAN KALAH DENGAN BERJAMAAH

“Dengan berjamaah semua menjadi mudah”, itulah seharusnya syiar dalam hidup kita. Banyak perintah ALLAH yang menyerukan agar kita melaksanakan perintah tersebut secara berjamaah, karena hanya dengan berjamaah, perintah itu bisa dilaksanakan. Misalnya, perintah ALLAH dalam Al-Quran, “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.”(QS.Al-Baqarah : 43).
Perintah ini mustahil bisa kita laksanakan kalau kita sendirian. Dalam suatu riwayat diceritakan bahwa para sahabat mengadu kepada Rasulullah, saat mereka makan tapi tidak kenyang-kenyang, Rasulullah menjawab bahwa titik masalahnya karena mereka makannya terpisah-pisah, tidak berjamaah, lalu beliau bersabda “Berkumpullah kalian ketika makan, dan bacalah Basmalah, niscaya ALLAH akan memberkahi makan kalian.” ( HR. Abu Daud dan Ibnu Majah). Kita perlu jamaah dalam hidup kita, agar kita melaksanakan seluruh perintah ALLAH dengan sempurna, dan supaya kita tidak mudah menjadi santapan syetan.
Kalau kita melaksanakan shalat sendirian, maka akan terasa berat dan malas, apalagi shalat Isya’, terutama shalat Shubuh, kalau hal itu kita laksanakan dengan berjamaah, ada orang lain yang mengingatkan kita saat lalai, ada orang lain yang menyemangati kita dikala kita malas, maka menunaikan shalat akan menjadi lebih mudah, meskipun shalat Isya, shalat Shubuh dan bahkan shalat malam sekalipun.
Mu’adz bin Jabal berkata, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya syetan itu serigala manusia seperti serigala pada kambing. Serigala itu akan memangsa kambing yang menyendiri. Maka dari itu janganlah kalian berpisah-pisah. Dan hendaklah kalian berjamaah, bersama komunitas masyarakat dan masjid”.(HR.Ahmad no.21020 dan menurut al-Hafizh al-Iraqi rijalnya terpecaya).
Syetan jin sangat suka melihat manusia yang hidupnya berpisah dari kelompoknya, tidak punya teman sebagai tempat bertanya, tidak punya patner untuk bertukar pikiran, tidak punya sahabat untuk mengajaknya kepada kebaikan dan mencegahnya dari kemungkaran. Syetan sangat leluasa untuk mempermainkannya dan menjerumuskannya.
Masjid adalah tempat berkumpulnya orang-orang baik dan tempat yang dimualiakan oleh ALLAH, sedangkan syetan tidak suka masjid, mereka lebih suka pasar (Kitab Faidhul Qadir : 2 / 350 ). “Dengan berjamaah, syetan akan mudah kita kalahkan”.
Diambil dari risalah islam al qorib bina darma edisi 1

Tidak ada komentar: